16 Februari 2014

catatan ngaji labiba : al qur'an surat albaqoroh ayat 272 tentang prioritas infaq




ayat 272 terdapat kata khoirun yang artinya adalah harta. dalam pengajian kali ini ditekankan kembali bahwa infaq adalah membelanjakan harta. Dalam membelanjakan harta kita dilarang membelanjakan kecuali dijalan Allah. Yang dimaksud dijalan Allah adalah membelanjakan dalam rangka bersyukur atas karunia Allah sehingga semua pembelanjaan yang kita lakukan akan mendatangkan manfaat atau setidak tidaknya tidak mendatangkan mahdorot. ketika kita berinfaq maka kita membelanjakan apa yg kita punya, bagi yang tidak punya tidak perlu ber infaq atau memaksakan infaq.

pedoman dalam ber infaq. jika kita mau infaq (membelanjakan harta) untuk tujuan eksternal untuk orang lain maka jangan mensyaratkan bantuan kepada religiusitas. misal mau bantu orang itu kita tidak perlu melihat apa agamanya? apa profesinya? apa sukunya? apa bangsanya? dan atribut lainnya, tetapi lihatlah orang yang kita bantu sebagai manusia. Dalam ayat ini ada peristiwa yang mengiringi turunnya ayat ini dimana saat itu ada putri Abubakar RA didatangi nenek nenek tua bersama cucunya yang kala itu masih non muslim, lalu meminta tolong dan ditolak karena masih belum muslim. tindakan seperti ini tidak dibenarkan kemudian dijelaskan pada ayat ini.

siapa yg kita beri infaq? yaitu adalah fuqoro. namun fuqoro disini bukan dalam arti kategori tetapi artinya orang yg butuh atau orang yang perlu, baik dia minta atau tidak. karena ada golongan orang orang yang meski butuh tetapi tidak mau minta kepada sesama manusia. bisa karena malu bisa karena memang tidak suka minta minta. pada zaman dahulu dicontohkan ada golongan ashabus sufah yaitu orang orang yang fokus berjuang dijalan Allah orang yang mewakafkan dirinya untuk berjuang dijalan Allah sehingga mereka hilang kesempatan untuk mengejar dunia bahkan beberapa menjadi miskin karena berjuang dijalan Allah. orang orang yg terbelenggu karena berjuang dijalan Allah seperti ini kadang  tidak suka minta minta karena malu meminta kepada sesama manusia. mereka kadang milih menangis merengek minta kepada Allah yang maha kaya sehingga tidak pernah menunjukan kekurangannya kepada kita kita manusia biasa. orang orang seperti ini wajib kita prioritaskan untuk diberi infaq.



TOPIK POPULER MINGGU INI

ide bisnis modal kecil: keripik tempe atm