20 April 2010

efisiensi demokrasi di Indonesia

bismillahirrahmanirrahim

            Demokrasi adalah pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Rakyat menjadi kuasa tertinggi, bahkan menjadi tujuan akhir suatu pemerintahan adalah kemakmuran dan kesejahteraan rakyat. mengamati perkembangan yang telah terjadi, demokrasi dimanknai secara beragam sesuai pola kehidupan dan budaya setempat. sehingga munculah demokrasi dalam berbagai watak. ada yang berwatak liberal, sosialis dan khusus di Indonesia adalah berwatak pancasila ( demokrasi pancasila).

          demokrasi  pancasila yaitu demokrasi yang didasari atas nilai-nilai pancasila. konsep ini berlaku di Indonesia mengingat ideologi yang dianut indonesia adalah ideologi pancasila. dalam kaitanya dengan demokrasi pancasila tentu demorasi di Indonesia harusnya berupa demokrasi yang berkerakyatan, namun pada perkembangannya ternyata nilai- nilai pancasila yang semestinya dibangun malah mulai direduksi oleh nilai-nilai budaya asing, khususnya budaya barat. konsep demokrasi sepertinya telah direkayasa sehinnga hanya orang "berduit" saja lah yang berhak menduduki kursi kekuasaan. pemilu dibuat sedmikian rupa sehiinga muncul bermacam-macam biyaya seperti biaya saksi, kampanye, pendaftaran dan lain-lain yang menyebabkan ongkos sang calon menjadi mahal. dan akhirnya hanya pemilik modallah yang menang.
        
           debat calon kandidat pun berlangsung singkat, masing-masing kandidat hanya diberi kesempatan 2 menit. mana mungkin waktu sesingkat itu dapat digunakan intuk menjawab secara baik. lagi pula pertanyaan yang bdilontarkan bukan pertanyaan dari rakyat, karena dialog iyu dilaksnakan secara tertutup. barangkali diadakan di lap terbuka dan bertemu masyarakat secara langsung mungkin akan ada suara rakyat yang terdengar oleh mereka. inilah dialog publik yang sesungguhnya
         

0 komentar:

TOPIK POPULER MINGGU INI

ide bisnis modal kecil: keripik tempe atm