15 Desember 2009

filsafat


ilmu filsafat identik dengan ilmu yang berusaha mencari kebenaran yang hakiki dari sebuah kebenaran. filsafat itu sendiri berbeda dengan keyakinan. filsafat berawal dari sebuah ketidaktahuan kemudian mencari tahu, kemudian menduga, kemudian menyelidiki, kemudian menguji kebenaranya dan baru kemudian meyakini sebuah kebenaran tersebut sebagai sebuah ilmu.sedangkan keyakinan yang berawal dari yakin kemudian melaksanakan/ menyelidiki keudian merasakan manfaatnya dan yang terakhirmengetahui sebuah kebenaran tersebut.filsafat terdiri dari bermacam macam jenis diantaranya : filsafat ilmu,filsafat ketuhanan dll
ilmu filsafat merupakan cikal bakal ditemukanya ilmu pengetahuan. karena ilmu pengetahuan berawal dari ketidaktahuan yang kemudian ditindaklanjuti dengan usaha mencari tahu.titik dimana dimulainya sebuah penyelancaran ilmu pengetahuan yang sekaligus sebagai finish.ilmu ini pertama kali diteukan di yunani. tokoh tokoh trkenal diantaranya aristoteles dan plato. beliau sering dijuluki sebagi bapak ilmu pengetahuan.

filsafat barat berbeda dengan filsafat islam.

ilmu ilmu pengetahuan banyak berkembang di dunia barat daripada di dunia islam.
kecenderungan tersebut sangat dipengaruhi oleh filsafat yang mereka anut. filsafat ilmu di barat mengatakan bahwa alam raya ini ada untuk kita siasati agar supaya dapat digunakan sebesarbesar manfaatnya untuk mendukung kelangsungan hidup manusia di dunia ini.sedangkan di dalam dunia islam mengatakan bahwa alam raya ini akan kita tinggalkan karenma kita tidak hanya hidup di dunia tetapi ada alam akherat nanti.kejarlah akherat maka dunia akan mengikuti.jadi buat apa kita susah payah.
filsafat ilmu barat mendorong manusia untuk terus mencari tahu dan menyelidiki alam raya ini sehigga bermanfaat untuk mausia, sedangkan di dunia islam cenderung memaling dari alam raya ini sehingga wajarlah kalau kemajuanya kurang begitu nyata.
namun demikian nabi telah mendukung ilmu pengetahuan dengan memerintahkan mencari ilmu walau sampai negeri china.

TOPIK POPULER MINGGU INI

ide bisnis modal kecil: keripik tempe atm